iklan header

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Pernahkah anda mengalami tiba-tiba kamoputer anda tidak bisa masuk windows? Padahal sebelumnya tidak terjadi masalah pada komputer anda. Hal ini bisa membuat bingung para penggunanya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Jika kita berbicara tentang komputer maka tak luput dari yang namanya sebuah error. Komputer sering terjadi error dikarenakan terdapat sebuah virus, hardware yang rusak bahkan driver atau software yang tidak kompatible dengan hardware komputer kita.

Ada banyak error yang sudah terjadi pada sebuah komputer mulai dari data corrupt, terkena virus sampai yang paling menyebalkan yaitu tidak bisa masuk windows sama sekali. Hal ini terjadi karena komputer tidak bisa booting atau bisa disebut dengan gagal booting.

Baca Juga : Mengatasi komputer yang sering restart

Gagal booting yang dimaksud adalah komputer tidak bisa mengambil data utama sytem atau data windows ssehingga terjadilah sebuah gagal booting. Jika anda pernah terjadi coba di cek dahulu di bios apakah untuk boot 1 sudah mengarah ke harddisk, jika belum maka hal tersebut adalah permasalahannya.

Tetapi jika di bios sudah mengarah ke harddisk dan tidak bisa masuk windows maka hal ini di akibatkan sebuah error atau penyabab lainnya. Mari kita bahas satu persatu penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

  1. Masalah atau kerusakan pada sebuah hardware
  2. Jika saat dihidupkan komputer anda mati atau hidup kemudian mati, maka kemungkinan besar masalahnya terjadi pada hardware anda. Masalah utama yang terjadi di hardware biasanya pada memory RAM, VGA, Harddisk, Processor. Jika processor komputer anda panas hal ini bisa terjadi pada komputer anda atau RAM, VGA yang kotor.

    Jika suhu processor panas anda bisa memberikan pasta di atas processor dan ingat bukan pasta gigi ya. Jika terjadi pada RAM dan VGA anda bisa membersihkan pin hardware tersebut dengan penghapus.

  3. Software yang tidak kompatible
  4. Komputer yang tidak bisa masuk windows bisa terjadi karena software yang tidak kompatible atau software anda terjangkit virus. Umumnya hal ini terjadi karena software anda bajakan atau hasil download dari website ilegal.

  5. Komputer terjangkit virus
  6. Masalah ini sama seperti pada poin kedua yang sudah dibahas tadi, namun hal ini murni karena serangan virus. Serangan virus memang menjadi penyebab masalah pada komputer, Termasuk tidak bisa masuk windows.

    Hal ini terjadi karena anda mengunjungi website yang ilegal atau website yang memiliki keamanan yang rendah sehingga mudah untuk dimasuki sebuah virus.

  7. File windows yang corrupt
  8. Penyebab lainnya komputer tidak bisa masuk windows dikarenakan file windows anda terkena corrupt. Corrupt terjadi karena serangan virus.
Barusan kita membahas tentang penyebab komputer tidak bisa masuk windows. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasinya agar kompputer kita bis masuk windows kembali seperti semuala.

Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Masuk Windows

  1. Install ulang windows
  2. Cara pertama mengatasinya dengan melakukan install ulang terhadap system komputer anda. Cara ini mungkin tidak anda sukai karena akan menghapus semua file yang ada pada komputer anda termasuk file personal. Dengan melakukan install ulang maka file yang rusak akan terganti dengan system yang baru dan kemungkinan besar komputer anda akan bisa digunakan kembali seperti semula.

    Walaupun cara ini sangat ampuh, akan tetapi anda tidak bisa memutuskan untuk melakukan cara ini karena faktor resiko atau tingkat keberhasilan yang rendah tergantung faktor yang terjadi pada komputer anda.

    Baca Juga : Mengatasi operation system not found pada Komputer

    Jika komputer anda terjadi karena file windows corrupt maka anda bisa menggunakan cara ini. Apabila anda gagal booting karena terjadi bad sector atau kerusakan pada harddisk maka cara ini tidak bisa anda lakukan. Maka dari itu kenali dahulu kenapa komputer anda tidak bisa booting dan anda bisa melihat penyebabnya pada penjelasan diatas.

  3. Memanfaatkan system restore
  4. Langkah ini bisa anda gunakan apbila windows anda sudah memiliki atau pernah di backup menggunakan fitur system restore sebelumnya. Dengan menggunakan fitur ini anda bisa mengembalikan konputer anda pada keadaan terakhir atau pada windows saat baik-baik saja.

    Akan tetapi fitur ini dapat mengatasi gagal booting apabila penyebabnya adalah masalah file system atau malfungsi pada software lainnya. Sementara gagal booting yang terjadi karena kerusakan hardware tidak dapat diatasi dengan baik.

    File system restore ini membutuhkan banyak space atau ruang yang cukup besar sehingga terkadang dan mungkin sering kali, pengguna Windows akan mematikannya dan oleh karena itu sering kali System Restore tidak dapat dimanfaatkan.

    Bagi anda yang memiliki ruang penyimpanan harddisk yang cukup besar tidak salahnya untuk menggunakan fitur ini sehingga dapat mengatisipasi jika file system yang rusak atau terkena virus. Jika ruang anda kecil anda bisa mematikan fitur ini.

  5. Hapus aplikasi gagal booting melalui safe mode
  6. Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah laptop atau komputer yang tidak berhasil masuk ke Windows adalah dengan cara menghapus aplikasi atau file-file tertentu, seperti juga virus atau malware yang menyebabkan Windows Anda tidak dapat masuk ke dalam Windows dengan sempurna.

    Caranya adalah dengan cara menekan F8 ketika booting Windows berjalan, kemudian akan muncul menu-menu boot tambahan yang dimiliki oleh Windows. Carilah menu yang pada prinsipnya akan membuat kita untuk booting pada safe mode yang dimiliki oleh Windows sehingga kita dapat masuk ke Windows melalui cara lain yang lebih aman dan tentunya lebih kebal terhadap virus dan lain sebagainya (kecuali safe mode sendiri sudah terinfeksi).

    Saat masuk ke safe mode, maka kamu dapat menghapus aplikasi, menscan virus atau malware, menguninstall driver, dan file-file atau aplikasi lain yang dapat menyebabkan booting gagal. Akan tetapi langkah ini tentu mensyaratkan kita untuk mengetahui file apa atau file mana yang menyebabkan Windows gagal booting.

    Apabila saat booting kamu melihat pesan tertentu seperti saat blue screen of death, maka pesan tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mencari tahu file apa yang perlu untuk dihilangi atau diperbaiki supaya Windows dapat berfungsi dengan normal. Selain itu, kamu juga dapat mengandalkan ingatanmu, kapan terakhir kali Windowsmu baik-baik saja dan apa aplikasi atau kejadian yang kemudian membuat Windowsmu mengalami masalah booting tersebut.

  7. Mengganti perangkar keras yang rusak
  8. Langkah lainnya untuk mengatasi tidak bisa masuk windows dengan mengganti hardware yang rusak. Cara ini bisa anda lakukan jika hardware komputer anda benar-benar rusak. Anda harus mengecek terlebih dahulu hardware anda dengan cara membersihkan debu yang ada di dalam komputer.

    Jika memory RAM atau VGA yang kotor maka bersihkan menggunakan penghapus setiap pinnya. Jika komputer anda suhu yang panas maka anda cukup memberikan pasta di atas processor.Jika benar-benar hardware anda yang rusak maka anda harus menggantinya. Hal ini akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.
Itulah beberapa penyebab dan mengatasi komputer yang tidak bisa masuk ke windows atau gagal booting. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk share ke orang yang membutuhkan artikel ini. Jika anda masih bingung atau mempunyai sebuag pertanyaan silahkan comment dibawah ya.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel