iklan header

Penjelasan dan Cara Mendaftar Google Question Hub

Halo sobat blogger, sudah tau tentang fitur terbaru dari google yaitu Question Hub. Kali ini kita akan membahas question hub agar anda para blogger bisa memahaminya. Hal ini sangat penting bagi anda yang kesulitan mencari konten untuk blog anda.


Sebelum kita membahasnya admin mau cerita dulu tentang apa itu question hub dan bagaimana question hub itu bekerja mencari sebuah pertanyaan yang mungkin kurang tepat jawabannya.

Saya pernah mencari sebuah sesuatu di google misalkan saja saya ingin mencari sebuah warung yang menjual ayam goreng terdekat. Ketika saya searchn di google akhirnya google memberikan jawaban berupa hasil pencarian lokal berdasarkan Google Bisniku yang di buat toko yang bersangkutan.

Di luar jawaban itu, google memberikan sebuah tautan artikel yang punya relevansi dengan kata kunci yang diajukan. Dan tidak semua situs menjawab dengan tepat pertanyaan yang diajukan.

Tidak semua pengguna internet mengerti bagaimana cara mencari sesuatu di google dan mendapatkan jawaban yang tepat. Seperti yang saya lakukan, Pertanyaan saya tidak bisa dijawab oleh google dengan jawaban yang tepat.

Mesin pencari juga tidak bisa menjawab pertanyaan yang kalimatnya atau ejaannya salah. Memang mesin pencari memberikan jawaban yang sesuai dengan keyword pertanyaan tetapi jawaban yang diberikan pun kurang tepat dan tidak mudah untuk dipahami oleh pembaca atau orang yang melakukan pencarian.

Pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada jawabannya seperti inilah yang dikumpulkan oleh Google dalam Question Hub.

Apa Itu Question Hub?

Question Hub merupakan fitur yang memungkinkan kreator membuat konten yang lebih kaya dengan menggunakan pertanyaan belum terjawab. Question Hub mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan "tak terjawab" yang dikirimkan pengguna pada pencarian Google, yang bisa membantu mengidentifikasi kekosongan konten online. 

Google mengatur pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan area topik dan memberikannya kepada publisher, agar mereka bisa memanfaatkan pertanyaan tersebut untuk membuat konten yang lebih baik dan beragam untuk audiens.

Contohnya pertanyaan "Cara troubleshooting laptop?" akan dikelompokan Google ke dalam area topik computers dan eletronik. Begitu pula dengan pertanyaan lainnya dikelompokkan berdasarkan relevansi topik dan kata kunci dalam pertanyaan yang diajukan pengguna.

Cara menggunakan Google Question Hub

Pertama, kita bisa mengaksesnya di tautan Question Hub. Untuk bisa menggunakan Question Hub ini, kita harus memiliki akun Google Search Console. Kemudian, kita harus menghubungkan akun tersebut ke properti situs yang sudah diverifikasi di Search Console.

Cara mendaftar Question Hub

  • Klik daftar pada Question Hub, Biasanya google merekomendasikan Question Hub kepada para blogger yang terdapat pada atas postingan anda.
Cara Daftar Google Question Hub
  • Verifikasi akun anda
  • Masukan password email anda untuk membuktikan bahwa ini adalah anda
  • Setelah itu akan masuk kehalaman persetujuan, klik menyetujui atau allow
  • Masukkan url blog anda
  • Pilih bahasa dan negara
  • Pilih kategori yang ingin anda cari pertanyaanya, setelah itu klik done
Anda bisa memilih topik atau pertanyaan yang ingin anda buat kontennya atau artikelnya. Ketika anda add topiknya maka Google akan merekomendasikan 10 pertanyaan yang belum di jawab untuk anda dan anda bisa memilihnya untuk keperluan konten anda.

Beberapa pertanyaan diberi tanda "Asked multiple times". Artinya, pertanyaan itu diajukan beberapa kali oleh pengguna yang berbeda. Dengan kata lain, pertanyaan ini memiliki potensi kebutuhan yang lebih besar akan konten jawabannya.

Cara Menjawab Pertanyaan di Question Hub

Cara menjawab question hub
Di tabel pertanyaan yang sudah kita tambahkan berdasarkan topik itu, Google memberikan pilihan Answer dan Reject. Untuk menjawab pertanyaan yang belum ada jawabannya ini kita bisa menekan tombol Answer dan mengirimkan konten yang sudah kita buat atau menyalinkan alamat domain artikel kita.

Artikel yang anda kirim pastinya sudah di tayangkan atau sudah terindek oleh Google yang berada di Search Console. Jika belum terindeks anda bisa meminta pengindekan langsung melalui Google Search Console.

Tetapi jika pertanyaan tersebut tidak sesuai dengan niche blog atau website anda, Anda bisa menekan tombol reject. Dengan menolak pertanyaan tersebut, berarti kita sudah memberi umpan balik pada Google supaya mereka dapat terus meningkatkan pertanyaan yang ditunjukkan di Question Hub.

Manfaat Question Hub untuk jurnalis dan blogger

Google Questin Hub sangat bermanfaat bagi para publisher, seperti jurnalis dan blogger. Dengan menelusuri informasi dari berbagai pertanyaan yang "tidak terjawab", kita bisa menggunakan informasi tersebut untuk membuat konten yang lebih kaya dan lebih baik bagi audiens masing-masing.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk share agar bisa bermanfaat bagi para blogger atau orang yang membutuhkannya. Dan saran admin anda para blogger harus menggunakan fitur ini agar anda tidak stuck atau bingung dengan konten yang ingin dibuat. Terima Kasih.

0 Response to "Penjelasan dan Cara Mendaftar Google Question Hub"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel