iklan header

Cara Mengatasi Port Arduino Tidak Terdeteksi

Pernahkan anda mengalami port arduino yang tidak terdeteksi? Mau upload kode program ke board arduino tiba-tiba port tidak ada. Dan di pilihan cuma ada COM1, COM2, dan COM3.

Ketika anda pilih salah satu COM yang keluar tersebut, setelah itu anda mencoba untuk upload kode program nya yang terjadi adalah error dan kode program yang anda upload itu gagal total.

Mengatasi Port Arduino Tidak Terdeteksi

Sebelum kita masuk ke cara mengatasi sebaiknya kita memahami terlebih dahulu fungsi dari COM1, COM2, dan COM3. COM ini digunakan untuk upload kode program tetapi menggunakan USB artinya usb tersebut terhubung dengan arduino. Biasanya admin sering gunakan untuk setting modul bluetooth.

Kalau COM kita pratekan untuk upload kode program ke board arduino maka yang akan terjadi adalah error bahwa port tidak terdeteksi. Biasanya ketika kita mau upload kode program port yang benar adalah COM11/arduino uno, untuk arduinonya tergantung board yang anda pakai.

Penyebab port tidak terdeteksi yaitu ketika anda menginstall software arduino anda langkah yang anda lewati atau langkah tersebut memang tidak ada saat penginstalan anda. Selama ini yang admin temui langkah itu tidak ada pada saat penginstalan. Langkah tersebut seperti gambar dibawah.

Kali ini mari kita bahas cara agar port tersebut ada saat anda ingin melakukan upload kode program  ke board arduino.

Cara Mengatasi Port Arduino yang Hilang

  • Uninstall software IDE Arduino.
  • Download software IDE Arduino disini.
  • Install kembali software tersebut.
  • Pada langkah seperti gambar dibawah ini pastikan anda sudah dicentang dan klik install ( jangan sampai langkah tersebut terlewatkan).
Penyebab port arduino tidak terdeteksi
  • Setelah itu tunggu sampai selesai penginstalan.
  • Coba anda gunakan untuk upload kode program dengan menghubungkan board arduino dengan komputer.
Setiap software terkadang ada yang mengalami error terutama pada saat penginstalan. Jadi driver port untuk board arduino itu tidak terinstall sehingga tidak bisa terdeteksi ketika kita ingin melakukan upload kode program.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk share jika ada orang yang mengalami error seperti ini. Terima Kasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Port Arduino Tidak Terdeteksi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel