iklan header

Mengatasi dan Mengecek Relay yang Rusak Arduino

Apakah relay arduino anda tidak berfungsi? Apakah relay arduino tidak dapat memutuskan dan mematikan arus listrik? Coba cek kembali kode program anda sudah benar atau tidak. Jika kode program anda sudah benar coba di cek kabel yang menuju ke relay maupun ke arduino. Apakah pemasangannya sudah benar? Jika semuanya sudah benar berarti yang bermasalah adalah relay anda.

Mengatasi dan Mengecek Relay yang Rusak Arduino

Apa yang menyebabkan relay tidak berfungsi? Terkadang banyak orang tidak mengetahui berapa arus yang dibutuhkan relay utntuk beroperasi. Jika anda seorang pemula alangkah baiknya anda membaca terlebih dahulu spesifikasi relay terutama arus yang dibutuhkan.

Relay bisa tidak berfungsi atau rusak karena kelebihan arus. Admin pernah mengalami ketika itu admin tidak baca spesifikasi relay dan asal pasang saja, akhirnya relay admin tidak bisa digunakan.

Relay juga bisa rusak karena tegangan yang diputus terlalu besar, tetapi ada juga relay yang kuat. Tegangan yang di putus terlalu besar itu bisa merusak jalannya kode program anda atau rusaknya data yang dikirimkan sensor ke arduino.

Boleh ya admin cerita dikit pengalaman tentang data yang rusak. Admin pernah membuat projek dengan menggunakan sensor,lcd,lampu 12v dan lcd 16x2. Jadi sensor akan mengirim ke arduino dan menampilkan ke LDC. Pada waktu kondisi sensor sesuai kode program on/off maka dari situ kode program langsung berantakan dan tulisan LCD langsung rusak gak karuan. Untuk masalah ini anda bisa menggunakan rangkain resistor untuk mensterilkan arus listrik.

Jika anda ingin mengetahui relay anda masih bisa atau tidak bisa menggunakan cara yang akan admin bagikan. Ketika anda memakai relay normal pasti anda akan mengetahui bunyi ceklik saat relay itu on/off atau anda bisa melihat di led indikatornya. Kedua indikator tersebut untuk menginformasikan ke pengguna bahwa relay berfungsi.

Cara melihat apakah relay/relay 2 module  arduino berfungsi atau tidak?


  • Rangkailah relay seperti biasanya atau anda bisa menirukan seperti gambar dibawah ini
  • Pastikan rangkaian anda sudah benar
  • Tulis kode program dibawah ini dan upload ke board arduino
  • 
    
    int relay=5;      //penginisial relay masuk pin 5
    void setup() {
      // put your setup code here, to run once:
    pinMode(relay,OUTPUT);  //penginisial bahwa relay sebagai ooutput
    Serial.begin(9600);     //Serial komunikasi arduino
    }
    
    void loop() {
      // put your main code here, to run repeatedly:
    digitalWrite(relay,HIGH);  //relay on
    delay(2000);                //waktu 2000 ms
    digitalWrite(relay,LOW);    //relay off
    delay(2000);                //waktu 2000 ms
    }
    
    
  • Ambil obeng min dan coba anda tempelkan ke bagian yang dilingkari warna merah
Mengatasi dan Mengecek Relay yang Rusak Arduino
  • Jika ada bunyinya berarti relay masih berfungsi. Jika tidak ada bunyi maka relay sudah tidak berfungsi.
Benda yang dilingkari merah tersebut berfungsi untuk menghubungkan arus. Jadi jika arus terhubung maka akan terdengar bunyi ceklik, begitupun sebaliknya. Smoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa share ke orang yang  membutuhkan karena berbagi itu indah dan anda mendapatkan pahala. Jika anda masih bingung silahkan comment dibawah.

1 Response to "Mengatasi dan Mengecek Relay yang Rusak Arduino"

  1. Jadi gimana caranya untuk mengatasi progam yang rusak tersebut.?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel