iklan header

Cara Memperbaiki Komputer yang Sering Restart

Komputer anda sering restart tiba-tiba? Jika anda mengalami hal tersebut dan tidak segera memperbaiki maka yang terjadi harddisk didalam komputer anda bisa bad sector (piringan dalam harddisk anda lecet).

Cara Memperbaiki Komputer yang Sering Restart

Harddisk bad sector dikarenakan komputer sering restart atau mati dengan tiba-tiba. Hal ini harddisk yang awalnya bekerja langsung diberhentikan secara tiba-tiba.

Hal ini sama seperti saat kita naik sepeda motor kencang banget tiba-tiba kita berhenti dengan mendadak maka kita akan jatuh karena dari kecepatan yang mulanya tinggi diberhentikan dengan tiba-tiba. Kita juga akan luka-luka.

Sama hal nya dengan harddisk yang diberhentikan secara tiba-tiba. Hal ini bisa membuat piringan harddisk yang digunakan sebagai jalan itu akan rusak sehingga harddisk tidak bisa membaca data.

Maka dari itu jika komputer anda sering mati segera memperbaiki. Komputer yang mati atau restart secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh beberapa hal contohnya listrik yang padam secara tiba-tiba, processor yang panas atau melebihi 45 derajat celcius.

Kali ini kita akan membahas masalah yang sering dialami yaitu processor panas. Processor panas bisa terjadi karena komputer kita terlalu berat untuk mengerjakan tugas-tugas atau perintah-perintah yang anda berikan.

Selain itu juga ditambahi dengan kurangnya penghantar panas antara processor dengan fun/kipas angin yang ada dalam cpu. Akibatnya suhu dalam processor panas dan terjadilah restart yang berulang-ulang. Restart ini bisa terjadi berulang kali.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukannya sendiri dan jika anda takut untuk memperbaiki sendiri alangkah baiknya anda memperbaiki ke tempat service terdekat. Tapi saran admin jika komputer anda terjadi seperti masalah ini alangkah baiknya perbaiki sendiri.

Cara mengatasi komputer yang sering mati atau restart dengan sendirinya

Untuk mengatasi komputer yang sering restart sendiri, kita membutuhkan pasta yang digunakan untuk processor dalam komputer. Bukan pasti gigi yang digunakan. Anda bisa mendapatkan di toko terdekat yang menjual peralatan komputer. Harga pasta ini cukup murah kurang lebih 35.000.

Dengan pasta ini anda bisa menggunakan untuk beberapa kali kedepan misalnya suatu saat komputer anda mengalami hal tersebut. Kali ini mari kita bahas cara mengatasinya dengan menggunakan pasta.
  • Bongkar komputer anda
  • Copot fun/kipas angin yang berada di atas processor
  • Jangan dilepas processornya.
  • Sebelum diberi pasta terlebih dahulu bersihkan atas processor dengan tisu. Lakukan dengan hati-hati.
  • Anda bisa memberikan pasta diatas processor.
Cara meberikan pasta pada processor komputer
  • Hal yang harus anda perhatikan yaitu jangan sampai memberikan terlalu banyak pasta karena jika terlalu banyak, saat fun/kipas angin dipasang maka pasta tersebut akan melebar dan keluar dari batas processor. Akhirnya processor anda bisa konset dan tidak bisa digunakan kembali.
  • Setelah anda memberikan pasta diatas processor, pasang kembali fun/kipas angin
  • Pasang semuanya yang dilepas tadi
Pasta digunakan untuk menghantarkan energi panas dari processor ke fun/kipas angin sehingga panas yang dihasilkan processor dibuang keluar. Untuk mengecek apakah suhu dalam komputer anda sudah turun, anda bisa mengeceknya melalui bios dengan menekan Del + F2.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk share bagi orang yang terdampak masalah atau error ini. Jika anda masih bingung atau memiliki pertanyaan silahkan comment dibawah. Terima Kasih:)

0 Response to "Cara Memperbaiki Komputer yang Sering Restart"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel