iklan header

Pengertian, Perbedaan dan Sejarah Terbentuknya Wireless dan Wi-Fi

Banyak yang mencampur adukan antara IEEE dan Wifi. Dan banyak yang mengira bahwa wireless itu sama dengan wifi. Lebih parahnya lagi bahwa semua produk wireless dianggap sebagai wifi. Padahal semua itu salah besar.

Perbedaan wireless dan Wi-Fi


IEEE atau wireless dan Wi-Fi adalah dua hal yang berbeda atau lebih tepatnya merupakan dua organisasi berbeda. IEE (Institute Electrical and Electronics Engineers) merupakan organisasi non-profit yang mendedikasikan kerja kerasnya demi kemajuan teknologi.

Organisasi ini mencoba membantu banyak sekali bidang teknologi diantaranya teknologi penerbangan, elektronik, biomedik dan komputer juga termasuk di dalamnya. Keanggotaan organisai IEE diklaim 370.000orang yang berasal dari 160 negara di dunia ini.

Pada bulan februari 1980, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurusi standarisasi LAN (Local Area Network) dan MAN ( Metropolitan Area Network). Bagian ini kemudian dinamakan 802. 802 memiliki arti yaitu 80 menunjukan tahun dan angka 2 menunjukan bulan dibentuknya kelompok kerja ini.

Anda pernah mendengar tentang ethernet, wireless, Token Ring? Jika anda pernah mendengarnya ini adalah contoh dari hasil kerja kelompok 802. Karena luasnya bidang yang ditangani 802 maka bagian ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan lebih spesifik yang dinamakan sebagai unit kerja.

Unit kerja ini diberikan nama berupa angka yang berurutan di belakang 802. Berikut adalah contoh unit kerja dan bidang yang mereka tangani diantaranya:

Unit Kerja
Bidang yang Ditangani
802.1
Higher Layer LAN Protocols Working Group
802.3
Ethernet Working Group
802.11
Wireless LAN Working Group
802.15
Wireless Personal Area Network (PAN) Working Group
802.16
Broadband Wireless Access Working Group
802.17
Resilient Packet Ring Working Group
802.18
Radio Regulatory TAG
802.19
Coexistence TAG
802.20
Mobile Broadband Wireless Access (WBWA) Working Group
802.21
Media Independent Handoff Working Group
802.22
Wireless Regional Area Networks


Jika anda perhatikan urutan angka-angaka dari unit kerja, terdapat beberapa lompatan seperti 802.2, 802.3, 802.15, dst. Ternyata unit kerja ini sudah meniggal atau dengan kata lain sudah ketinggalan zaman dan kalah dengan unit kerja yang lainnya.

Unit kerja yang paling menarik tentu saja unit kerja 802.11 yaitu unit kerja Wreless LAN. Unit kerja ini masih dibagi lagi menjadi unit kerja yang benar-benar bekerja, namun sekarang tidak menggunakan titik atau angka tetapi menggunakan sebuah huruf sehingga menjadi unit kerja 802.11a, 802.11b, 802.11g, dst.

Anda sudah melihat sekilas pandang mengenai oraganisasi IEEE dan spesifikasi yang dihasilkan. Lalu apakah itu Wi-Fi? IEEE telah membuat standarisasi yang dirasakan masih belum lengkap untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Maka dari itu dibentuklah sebuah asosiasi yang dipelopori oleh Cisco yang dinamakan Wi-Fi ( Wireless Fidelity).

Organisasi Wi-Fi  ini bertugas memastikan semua peralatan yang mendapatkan label Wi-Fi bisa bekerja dengan baik sehingga memudahkan konsumen untuk menggunakan produknya. Siapa saja anggota Wi-Fi sehingga mereka begitu berkuasa ?  Cisco, Microsoft, Dell, Texas Instrumens, Apple, AT&T, dan masih banyak lagi.

Organisasi Wi-Fi membuat sebuah peralatan berdasarkan spesifikasi yang telah ditetapkan IEEE walaupun tidak 100% sama sehingga bisa jadi terdapat fitur yang ditambahkan ke dalam peralatan wireless yang tidak ada dalam standarisasi yang dikeluarkan IEEE.

Sebagai contoh, spesifikasi IEEE tidak menetakan secara jelas bagaimana sebuah alat melakukan roaming antara sau AP dengan AP lainnya. Para produsen tentunya membutuhkan spesifikasi semacam ini, maka ditambahkanlah kebutuhan untuk ini.

Contoh lain yang ditambahkan oleh Wi-Fi adalah amsalah keamanan. Ketika WEP dinyatakan tidak aman, Wi-Fi tidak menunggu IEE untuk menyelesaikan tugasnya, mereka segera mengeluarkan solusi sementara untuk menjaga jutaan pengguna wireless di seluruh dunia dengan menambahkan level enkripsi ternyata tidak berguna.

Secara umum anda bisa menyamakan antara Wi-Fi dengan IEEE, Karena Wi-Fi mengambil spesifikasi dari IEEE walaupun tidak 100% sama. Maka dari itu admin menyimpulkan antara perbedaan IEEE dan Wi-Fi adalah tidak ada atau sama.

Semoga bisa membantu anda, Terima Kasih :)

0 Response to "Pengertian, Perbedaan dan Sejarah Terbentuknya Wireless dan Wi-Fi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel