iklan header

Pengertian dan Penjelasan tentang Repeater

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebuah wireless memiliki signal batasan. Area yang di jangkau wireless bukan tentang panjang dan lebar yang berbentuk pesegi panjang ataupun persegi.

Tetapi signal wireless berbentuk seperti lingkaran yang pusatnya yaitu Access Point. Signal wireless akan semakin melemah seiring dengan jarak yang ditempuh dan akan semakin parah ketika mendapatkan halangan seperti tembok, pohon, dan lain sebagainya.

Penjelasan mengenai repeater

Tidak heran jika kita berada dalam sebuah ruangan yang misalnya Access Point berada di ruangan A dan kita berada di ruangan B maka sinyal yang kita dapat akan lebih lemah daripada ruangan A karena dihalangi oleh dinding.
Atau  kita sedang berada di tempat yang jauh dari Access Point. Maka sinyal yang kita dapat akan melemah. Dari permasalahan tersebut kita harus memerlukan sebuah repeater. Apakah anda sudah tau apa itu repeater?

Repeater adalah sebuah alat yang digunakan untuk meneruskan sinyal yang diterimanya sehingga bisa menjangkau area yang lebih jauh. Jadi repeater hanya sebagai jembatan sinyal. 

Cara kerjanya repeater menerima sinyal dari sebuah Access Point setelah itu repeater memancarkan kembali dengan gateway yang sama. Anda bisa melihat cara kerjanya seperti gambar dibawah ini.

Mengenal tentang repeater

Repeater bekerja dengan konsep yang berbeda sehingga tidak semua Access Point bisa difungsikan sebagai repeate. Untuk itu biila anda ingin menggunakan fungsi repeater pastikan Access Point yang anda beli mendukung fungsi repeater.

Pada saat difungsikan sebgai repeater channel yang digunakan oleh repeater haruslah sama dengan channel Access Point yang dikuatkan. Mungkin anda sudah berfikir untuk menambahkan lebih banyak repeater agar jangkauannya semakin jauh tetapi penambahan repeater juga mempunyai efek samping sendiri.

Karena dibantu dengan repeater, kecepatan pengirim data menjadi lambat. Karena dalam suatu waktu Access Point hanya bisa behubungan dengan satu client , otomatis client yang lain harus menunggu. Akibatnya adalah kecepatan wireless anda menurun tajam.

0 Response to "Pengertian dan Penjelasan tentang Repeater"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel