iklan header

Fungsi Access Point di Jaringan Wireless (Modus Infrastructure)

Sebelumnya admin telah memposting tentang modus Ad-Hock. Jika anda belum membacanya silahkan untuk membacanya terlebih dahulu agar mengerti tentang modus yang berada ada jaringan wireless.
Fungsi Access Point di Jaringan Wireless (Modus Infrastructure)

Anda telah melihat bagaimana modus Ad-Hock yang sederhana memiliki masalah. Anda bisa membayangkan sekelompok orang berkumpul bersama-sama. Ketika kelompok ini terdiri dari 3-4 orang mungkin anda tidak membuat aturan untuk siapa yang berbicara duluan.

Namun ketika kelompok ini terdiri dari ratusan orang, tanpa aturan sama artinya dengan kekacauan. Setiap orang akan berusaha berbicara dan sangat mungkin pada suatu waktu banyak orang yang ingin berbicara secara bersamaan.

Pada saat itu terjadi siapa yang akan di dengar ? tidak ada. karena suara itu akan menjadi rusak dan tidak bisa dipahami. Hal ini sama dengan saat kita mengirim data pada komputer jika tidak ada aturannya. Maka data yang kita kirim akan rusak dan saling bertabrakan.

Disinilah kita perlu suatu aturan yang dapat menegakkan aturan tersebut. Sama hal-nya di dunia kita membutuhkan sebuah rambu atau polisi lalu lintas untuk mengatur lalu lintas jalan sehingga tidak akan terjadi sebuah tabrakan dan akan berjalan lancar. Di dalam wireless polisi ini adalah Access Point.

Cara kerja Access Point (Modus Infrastructure)

Inilah perbedaan antara moduse infrastructure dengan modus Ad-Hock. Pada modus Ad-Hock tidak ada aturannya, jadi semuanya bisa berbicara langsung alias bebas. Sedangkan di modus infrastructure terdapat tambahan Access Point yang berfungsi sebagai pusat lalu lintas data.

Dengan adanya access point semua komunikasi harus melalui access point. Ketika komputer A ingin berbiacara dengan komputer B, data tidak langsung di kirim ke komputer B namun harus mengirimkan datanya di Access Point dan Access Point yang akan mengirimkan data tersebut ke komputer B.

Modus komunikasi dengan dua komputer tampak lebih rumit namun ketika komputer yang terhubung semakin banyak segala kekacauan komunikasi bisa di hindari karena Access point berperan sebagai polisi lalu lintas data.

Access Point yang akan mengatur lalu lintas data ini di jalankan sehingga kemungkinan tabrakan file bisa diminimalkan. Access Point yang mengatur siapa komputer yang boleh mengirim dan siapa yang harus mendengarkan data yang di sampaikan komputer pengirim.

Access Point juga mengatur siapa saja yang boleh bergabung ke dalam jaringan dengan menggunakan password utama dan berbagi administrasi lainnya.

Access Point bisa disebut Hub/Switch dalam bentuk wireless. Dengan adanya ini komputer tidak bisa komunikasi secara langsung, jadi semua data yang di trasnfer akan melalui Access Point. Fungsi Access Point sebagai polisi lalu lintas yang menentukan kebijakan komunikasi seperti siapa yang boleh mengirim dan siapa yang harus mendengar.

Fungsi Access Point sangatlah penting bagi komunikasi dua komputer atau lebih. Sehingga perjalanan data tidak rusak dan data bisa sampai ke komputer tujuan.

Terima Kasih :)

0 Response to "Fungsi Access Point di Jaringan Wireless (Modus Infrastructure)"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel