iklan header

Menghidupkan dan Mematikan Led Dengan Push Button Arduino

Push button adalah sebuah saklar yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran arus listrik. Pada push button terdapat NC (Normaly Close) dan NO (Normaly Open).

Pengertian, cara kerja push button

Push button ini mirip dengan relay yang terdapat dengan NC dan NO. Dan keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sama yaitu menghubungkan dan memutuskan arus listrik.

Perbedaanya terdapat pada cara memainkannya. Kalau push button untuk menhubungkan dan mematikan arus listrik kita harus menekannya dengan manual sedangkan relay dengan cara otomatis. Push button sama seperti saklar pada umumnya yang di tanamkan pada dinding, cuma saklar pada umumnya ukurannya besar sedangkan push button kecil.

Cara kerja dari push button yaitu ketika kita tekan tombol maka arus akan terputus dan ketika kita melepaskan tombol maka arus akan terhubung. Pada push button terdapat dua kondisi yaitu on dan off (1 dan 0). Kondisi ini sangat penting jika kita ingin memprogramnya.

Karena systemnya yang unclock atau memutus dan menghubungkan, push button merupakan device utama untuk memulai dan mengakhiri kerja mesin atau alat. Secanggih apapun mesin di dunia ini pasti memerlukan yang namanya saklar.

Cara kerja push button arduino

Bedasarkan fungsi kerjanya yang menghubungkan dan memutuskan, push button memiliki 2 tipe kontak yaitu NC (Normaly Close) dan NO (Normaly Open). Apa itu NC dan NO?
  • NC (Normally Close), merupakan kontak terminal dimana kondisi normalnya tertutup (mengalirkan arus litrik). Dan ketika tombol saklar push button ditekan, kontak NC ini akan menjadi membuka (Open), sehingga memutus aliran arus listrik. Kontak NC digunakan sebagai pemutus atau mematikan sistem circuit (Push Button Off).
  • NO (Normally Open), merupakan kontak terminal dimana kondisi normalnya terbuka (aliran arus listrik tidak mengalir). Dan ketika tombol saklar ditekan, kontak yang NO ini akan menjadi menutup (Close) dan mengalirkan atau menghubungkan arus listrik. Kontak NO digunakan sebagai penghubung atau menyalakan sistem circuit (Push Button ON).
Setelah anda memahami tentang push button, kali ini kita akan memprogram alat yang menggunakan push button dengan led. Cara kerja alat ini kita hanya perlu mematikan dan menghidupkan led dengan menggunakan push button.

Memprogram Push Button pada arduino
  • Rangkailah seperti pada gambar dibawah ini
Rangkain push button arduino
  • Pastikan rangkaian anda benar
  • Tulis kode program dibawah ini ke software IDE arduino
  • 
    //toleinnovator.blogspot.com
    //instagram : @toleinnovator
    //facebook : Tole Innovator
    
    int button = 3;   //inisial pin push button masuk ke pin 2
    int led = 13;     //inisial pin led ke pin 13
    
    void setup() {
      // put your setup code here, to run once:
    pinMode(button, INPUT);   //mengenalkan bahwa pin button sebagai input
    pinMode(led, OUTPUT);   //mengenalkan bahwa pin led sebagai output
    Serial.begin(9600);
    }
    
    void loop() {
      // put your main code here, to run repeatedly:
      int data = digitalRead(button); //inisial nilai data sama dengan nilai dari pin button
      Serial.println(data);  //menampilkan nilai ke serial monitor
      
      if (data == HIGH){
        digitalWrite(led, HIGH); //led menyala
      }
      else{
        digitalWrite(led, LOW); //led mati
      }
    }
    
    
  • Upload kode program ke board arduino
  • Coba anda uji dengan cara tekan dan lepaskan pada push button
  • Amati hasilnya
Itulah penjelasan tentang push button dan penggunaannya dalam arduino. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk share kepada teman/saudara/sahabat atau komuintas anda yang membutuhkan artikel ini. Terima Kasih :) 

0 Response to "Menghidupkan dan Mematikan Led Dengan Push Button Arduino"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel