iklan header

Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel Berdasarkan Area

Jenis-Jenis Jaringan nirkabel

Teknologi wireless yang begitu fleksibel dan menawarkan mobilitas tinggi dan manfaat untuk berbagai keperluan. Teknologi wireless sangat cocok dan banyak digunakan untuk menggantikan kabel-kabel mouse, kabel jaringan LAN dan bahkan kabel WAN yang sebelumnya membutuhkan jaringan kabel. Teknologi yang digunakan untuk masing-masing kebutuhanpun berbeda-beda sesuai jarak tempuh yang di tangani.

Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel
  • WPAN ( Wireless Personal Area Network )
WPAN (Wireless Personal Area Network)

Secara kasar , semakin jauh daya jangkau wireless, semakin tinggi pula kebutuhan daya dan semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin tinggi pula kebutuhan hardwarenya. Anda tentu tidak suka bila setelah mengaktifkan jaringan wireless, handphone anda langsung kehabisan baterai dalam waktu 1 menit bukan? Anda tidak suka bila handphone anda merespon apa yang anda lakukan 10 detik kemudian atau mosuse anda berbentuk sebesar kepala.

Karena itu untuk menghemat daya dan biaya peralatan, peralatan semacam handphone, mouse, keyboard, kamera digital, remote control, dll cukup menggunakan teknologi wireless dengan daya jangkau yang terbatas. Tidak ada gunanya wireless mouse anda memiliki jangkauan 1 KM karena anda tidak bisa melihat monitor anda sejauh ini.

Teknologi yang populer untuk menggantikan jaringan jarak pendek ini adalah si gigi biru atau bluetooth dan IrDa. Bluetooth menggunakan frekwensi radio sedangkan IrDa menggunakan sinar sehingga IrDa mengharuskan benda yang yang hendak dihubungkan harus diletakkan dalam posisi saling berhadapan dan tidak ada yang menghalanginya. Teknologi IrDa banyak digunakan pada remote control dan juga di implementasikan dalam laptop.

Bluetooth belakangan ini semakin populer karena alat alat yang hendak berkomunikasi tidak perlu diletakkan dalam posisisaling berhadapan. Headset handphone misalnya menggunkan bluetooth untuk berhubungan dengan handphonenya sehingga anda hanya perlu memasang headset di telinga sementara handphonenya sendiri ada di kantong anda.

Bluetooth juga digunakan sebagai media untuk bertukar file antar handphone sehhingga anda tidak membutuhkan kabel yang rumit lagi. Ada juga mouse yang menggunakan bluetooth untuk berkomunikasi sehingga membuat mouse jenis ini tidak ada ekornya lagi.

Kedua teknologi yang digunakan untuk jaringan WPAN ini mempunyai keunggulan masing-masing. Bluetooth yang tampaknya sangat unggul dalam segala sisi ternyata lebih rawan terhadap interfrensi sementara IrDa hampir tidak terpengaruh oleh hiruk pikuk frekwensi yang ada disekitarnya sehingga sangat cocok digunakan di dalam lingkungan yang penuh dengan frekwensi pengganggu.

Karena keunikan masing-masing biasanya anda masih akan menemukan kedua teknologi ini dalam sebuah peralatan elektronika seperti laptop dan handphone namuun seiring dengan perkembangan jaman, peralatan akan lebih banyak memenfaatkan teknologi bluetooth dibandingan IrDa.
  • WLAN alias Wi-Fi (Wireless Local Arean Network)
WLAN (Wireless Local Area Network)

Kelompok kedua dari jaringan wireless yang memmpunyai jarak tempuh lebih jauh daripada WPAN dikelompokan dalam kelompok WLAN (Local Area Network). Teknologi wireless dalam kelompok ini ditunjukan untuk menggantikan kabel UTP yang selama ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam sebuah gedung. Teknologi wireless yang populer inilah yang dinamakan sebagai Wi-Fi.

Wireless tidak sama dengan Wi-Fi, hanya wireless LAN yang digunakan untuk menggantikan jaringan LAN tanpa kabel yang dinamakan Wi-Fi.

Kecepatan transfer data Wi-Fi yang saat ini sudah mencapai 1,3 Gbps tampaknya sudah mencapai kabel untuk jaringan LAN ini namun kenyataannya tidaklah demikian.

Akibat dari kelemahan jaringan wireless seperti adanya interfrensi , jumlah client yang terbatas pada suatu area dan lain-lain yang bannyak akan membuat kecepatan yang drop sehingga jaringan Wi-Fi tidak akan cocok untuk segala kondisi dan tidak bisa menggantikan jaringan kabel seratus persen.

  • WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)
WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)

Untuk teknologi wireless yang mempunyai daya jangkau yang lebih jauh lagi daripada WPAN dan WLAN, dikategorikan dalam Kelompok WMAN ( Wireless Metropolitan Area Network ). Jaringan ini mempunyai daerah cakupan sebuah kota.

Contoh teknologi kabel yang termasuk dalam kategori ini adalah DSL sedangkan teknologi wireless yang digunakan adalah Wi-Max, daerah-daerah terpencil yang selama ini terbengkalai oleh jaringan kabel bisa terjangkau.
  • WWAN (Wireless Wide Area Network)
WWAN (Wireless Wide Area Network)

Kelompok terakhir yang jangkauannya mampu menjangkau sebuah negara bahkan dunia dikategorikan dalam kelompok WWAN ( Wireless Wide Area Network ).

Termasuk kedalam kategori ini adalah teknologi GSM yang digunakan oleh handphone. Dengan perjanjian roaming antar operator, Anda bisa menggunakan handphone anda dari negara manapun.

Setelah anda membaca artikel ini, anda bisa mengetahui jenis-jenis jaringan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa share kepada teman atau orang yang membutuhkan artikel ini karena berbagi itu sangat indah. Jika anda punya pertanyaan tentang artikel ini silahkan comment dibawah. Terimakasih :)

0 Response to "Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel Berdasarkan Area"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel