iklan header

Pengertian, Keuntungan dan Kerugian Modus Ad-Hock

Modus Ad-Hock adalah metode koneksi yang paling sederhana yang bisa digunakan untuk membuat jaringan kecil. Jika anda masih mengalami masa-masa sebelum jaringan wireless ini muncul, menghubungkan kabel dapat digunakan dengan kabel khusus yag dikenal dengan kabel cross.

Pengertian, Keuntungan dan Kerugian Modus Ad-Hock

Dengan kabel cross, anda bisa menghubungkan dua komputer secara langsung melalui konektor RJ-45 pada komputer masing-masing. Namun untuk menghubungkan lebih dari dua komputer anda tidak akan bisa melakukannya.

Cara ini bisa dikatakan sebagai koneksi modus Ad-Hock namun berbeda dengan koneksi kabel. Dengan wireless anda dapat menghubungkan lebih dari dua komputer dengan metode ini.

Secara singkat bisa dikatakan bahwa jaringan modus Ad-Hock adalah jaringan yang dilakukan tanpa menggunakan alat perantara jadi komputer langsung berhubungan dengan komputer secara langsung.

Keuntungan dan Kerugian Ad-Hock

Jaringan Modus Ad-Hock

Sederhana dan murah adalah keunggulan utama dari jaringan Ad-Hock. Anda tidak perlu menggunakan alat tambahan apapun selain komputer anda yang telah memiliki kartu wireless.

Bayangkan ketika anda bertemu dengan teman atau kolega anda dan ingin berbagi file. Cukup membuat koneksi Ad-Hock, Anda sudah bisa saling berbagi file tanpa perlu mencari alat lainnya.

Berbeda dengan jaringan Ad-Hock menggunakan kabel, pada jaringan wireless koneksi ini tidak dibatasi oleh dua komputer namun anda bisa menghubungkan beberapa komputer, dua, tiga, empat atau bahkan bisa sampai sepuluh.

Saat anda menghubungkan jaringan wireless dengan modus Ad-Hock, komputer akan saling terhubung dan berbicara secara langsung tanpa perantara siapapun juga. Cara ini efisien dan efektif bila jumlah komputer yang terhubung ini hanya dua, tiga atau empat komputer. Namun semakin banyak komputer cara kerjanya akan semakin rumit.

Setiap komputer yang terhubung di dalam jaringan Ad-Hock ini harus membuat koneksi khusus kepada setiap komputer. Jadi bisa anda bayangkan bila banyak komputer yang terhubung.

Sebagai contoh Untuk empat komputer yang terhubung, setiap komputer harus menangani 3 koneksi yang berbeda-beda. Komputer A harus membuat koneksi ke komputer B,C,D dan demikian juga untuk komputer B,C,dan D yang harus menangani koneksi yang sama juga. Semakin banyak komputer yang terlibat maka semakin banyak pula jumlah koneksi yang harus ditangani.

Semakin banyak komputer yang terkoneksi dengan jaringan Ad-Hock, akan semakin rumit bentuk jaringan yang terjadi yang akan membuat komunikasi juga menjadi lebih rumit. Ketika komputer A ingin mengirimkan data ke komputer B, ia harus memastikan bahwa data tersebut tidak rusak karena bertabrakan dengan data lain.

Masalahnya tidak ada orang yang mengatur lalu lintas ini jadi kemungkinan data tersebut menjadi rusak karena bertabrakan sangatlah besar. Kemungkinan tabrakan ini akan meningkat seiring dengan semakin banyaknya komputer yang ikut serta dalam kelompok Ad-Hock ini. Kini tidak herab bila anda menyarankan bila anda ingin membuat jaringan Ad-Hock sebaiknya tidak melebihi 10 komputer. Namun admin lebih menyarankan untuk tidak lebih dari 5 komputer/devices.

0 Response to "Pengertian, Keuntungan dan Kerugian Modus Ad-Hock"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel