iklan header

Cara Mengatasi Error Expected Before Token pada Arduino

Bagaimana pikiran anda jika menemui error? Pusing, menyerah atau mencari solusinya. Semua error menurut admin pasti ada solusinya. Ibarat adanya lubang pintu pasti ada kuncinya.

Cara Mengatasi Error Expected Before Token pada Arduino

Error yang terjadi pada arduino tersebut bukanlah error yang bikin kepala kita menjadi tiga. Tetapi error expected before token pada arduino ini adalah kekurangan tanda atau huruf pada kode program anda.

Ketika anda check pada software IDE arduino akan dengan tekan tombol verify maka arduino akan memberikan peringtan atau status pada anda bahwa terjadi error pada kode program yang telah anda buat.

Software IDE arduino juga akan menunjukan dimana tempat error yang terjadi pada kode program yang telah anda buat. Dengan petunjuk tersebut kita dapat memperbaiki keselahan dengan mudah.

Memperbaiki Error Expected Before Token pada Arduino

Error ini tergantung pada kesalahan dalam kode program, jadi peringatan atau status yang diberikan software IDE arduino berbeda-beda. Untuk cara mengatasinya semuanya sama. Kita ambil contoh seperti gambar dibawah ini.

Error expected ';' before '}' token pada arduino

Pada gambar diatas terdapat peringatan atau staus yang diberikan software IDE arduino yaitu expected ';' before '}' token . Error ini terjadi karena kurangnya tanda titik koma sebelum tanda tutup kurawal. 

Bagaimana jika kesalahannya bukan titik koma tapi yang lain?
Kita tinggal baca errornya. Caranya setelah kata expected dan didalam tanda petik adalah tanda/huruf yang kurang ( yang nantinya harus anda tambahkan atau hapus) dan setelah kata before yang ada di dalam tanda petik itu adalah petunjuknya ( jadi nanti anda harus menganalisa error sebelum tanda tersebut).

Setelah anda mendapatkan error yang dimaksud oleh software IDE arduino maka lakukan perbaikan. Setelah itu coba tekan tombol verify kembali untuk mengecek apakah kode program anda sudah benar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk share bagi teman atau sahabat anda yang membutuhkan artikel ini. Jika anda masih bingung atau mempunyai error lainnya silahkan untuk comment dibawah ini. Terima Kasih :)

0 Response to "Cara Mengatasi Error Expected Before Token pada Arduino"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel