iklan header

Statemen if bersarang

Statemen if bersarang
Penggunaan if bersarang sama seperti penggunaan statemen if,statemen else if dan else. Yang membedakan hanyalah penggunaan if bersarang berada dalam statemen if, jadi if didalam if. Statemen if bersarang banyak digunakan dalam projek-projek kecil mupun besar dalam arduino. Jika kalian lagi membuat sebuah projek maka kalian akan membutuhkan yang namanya pengkondisian bersarang.

Projek yang selalu ada untuk if bersarang yaitu projek membuat jemuran dengan menggunakan sensor cahaya atau sensor hujan. Didalam projek ini pastinya kalian akan mendapatkan sebuah permasalahan ketika menggerakkan sebuah motor dc, karena didalam projek ini kita membutuhkan statemen if bersarang.

if bersarang didalam projek inidigunakan untuk sebuah tanda bahwa motor dc sudah berputar dengan sekian detik atau sekian menit. Jadi setelah berputar maka motor dc akan mati selamanya sampai nilai dari sensor berubah.

Baca Juga : Memahami flowchart

Sebelum kalian ke materi ini alangkah baiknya kalian mempelajari mengenal pengkondisian dalam arduino agar kalian lebih mudah dalam mempelajari materi ini. Penggunaan bersarang biasanya digunakan untuk projek-projek yang memiliki banyak sensor. Kali ini admin  kan membahas tuntas tentang statemen if bersarang.

Untuk memahami lebih dalam, admin menggunakan bahasa java sebagai latihannya kalian. Bahasa java mirip seperti bahasa pemrograman yang dipakai arduino yaitu bahasa pemrograman C/C++. Tapi kali ini admin tidak mengajak kalian untuk memahami bahasanya tetapi lebih tepatnya untuk mengajak kalian memahami logika penggunaan if bersarang.

Struktur pengkondisian if bersarang


if (kondisi a){
   if(kondisi b){
     //jalankan kode
   }
   else{
    //jalankan kode
   }
}
else{
   //jalankan kode
}


Untuk latihanya klik link dibawah ini

https://glot.io/snippets/fbn4k4w8yf/embed

PRAKTEK
  • Jalankan kode programnya.
  • Amati outputnya.
  • Mainkanlah nilai variabel matematika dan psikotes dan amati output yang tampil.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa share agar bisa bermanfaat bagi orang banyak. Jika kalian masih bingung silahkan comment dibawah↓↓↓↓

0 Response to "Statemen if bersarang"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel