iklan header

Arduino/Genuino 101 - Mengenal Arduino/Genuino 101

Halo kawan-kawan arduino, sekarang ada keluaran arduino terbaru lohh dari intel yaitu Arduino/Genuino 101.Langsung aja kita mengenal lebih dekat tentang Genuino 101.
Arduino/Genuino 101 - Mengenal Arduino/Genuino 101

Arduino / Genuino 101 adalah pembelajaran dan pengembangan papan yang berisi Intel® Curie ™ Module, yang dirancang untuk mengintegrasikan konsumsi daya rendah inti dan kinerja tinggi dengan kemudahan penggunaan Arduino. 

Arduino 101 menambahkan kemampuan Bluetooth Low Energy dan memiliki akselerometer / giroskop 6-sumbu on-board, memberikan peluang menarik untuk membangun proyek kreatif di dunia yang terhubung.

Papan pembelajaran dan pengembangan yang memberikan kinerja dan konsumsi daya rendah dari Intel® Curie ™ Module dengan kesederhanaan Arduino dengan harga entry-level. 

Ini menjaga faktor bentuk kuat yang sama dan daftar perangkat UNO dengan penambahan kemampuan Bluetooth LE onboard dan accelerometer / gyro 6 sumbu untuk membantu Anda dengan mudah memperluas kreativitas Anda ke dunia yang terhubung.
Mengenal Arduino/Genuino 101

Modul ini berisi dua inti kecil, sebuah x86 (Quark) dan sebuah inti arsitektur ARC 32-bit , keduanya clock pada 32MHz. Toolchain Intel mengkompilasi sketsa Arduino Anda secara optimal di kedua inti untuk menyelesaikan tugas yang paling menuntut. Sistem Operasi Real-Time (RTOS) dan kerangka kerja yang dikembangkan oleh Intel bersifat open source.Lihat di bawah Firmware untuk tautan unduhan. 

Inti Arduino berkomunikasi dengan RTOS melalui kotak surat statis untuk menyelesaikan daftar tugas yang telah ditetapkan (antarmuka dengan PC menggunakan USB, program sketsa ke dalam flash, mengekspos fungsionalitas Bluetooth LE untuk membuat sketsa, melakukan PWM). RTOS untuk Intel Curie masih dalam pengembangan dan fungsi dan fitur baru akan dirilis dalam waktu dekat.

101 dilengkapi dengan 14 pin input / output digital (dimana 4 dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, konektor USB untuk komunikasi serial dan upload sketsa, colokan listrik, header ICSP dengan sinyal SPI dan pin khusus I2C . Tegangan operasi papan dan I / O adalah 3.3V tetapi semua pin dilindungi terhadap tegangan berlebih 5V.
Papan Arduino 101 dan Genuino 101 telah dirancang bekerja sama dengan Intel®.


Spesifikasi Arduino/Genuino 101
Spesifikasi Arduino/Genuino 101

Mikrokontroler
Intel Curie
Tegangan Operasi
3.3V (5V tolerant I / O)
Tegangan Input (disarankan)
7-12 V
Tegangan Input (batas)
7-17V
I / O Pin Digital
14 (dimana 4 menyediakan output PWM)
PWM Digital I / O Pins
4
Pin Input Analog
6
Arus DC per I / O Pin
20 mA
Memori Flash
196 kB
SRAM
24 kB
Kecepatan jam
32 MHz
LED_BUILTIN
13
fitur
Bluetooth LE, akselerometer 6 sumbu / gyro
Panjangnya
68,6 mm
Lebar
53,4 mm
Berat
34 gr.


Pin pada Arduino/Genuino 101
  • VIN. Tegangan input ke papan Arduino ketika menggunakan sumber daya eksternal (dibandingkan dengan 5 volt dari koneksi USB atau sumber daya teregulasi lainnya).Anda dapat menyuplai tegangan melalui pin ini, atau jika memasok tegangan melalui colokan listrik, akses melalui pin ini.
  • 5V. Pin ini menghasilkan 5V yang diatur dari regulator di papan. Papan dapat dipasok dengan daya baik dari colokan listrik DC (7 - 12V), konektor USB (5V), atau pin VIN papan (7-12V). Memasok tegangan melalui pin 5V atau 3.3V melewati regulator, dan dapat merusak papan Anda jika tidak diatur secara memadai. Kami tidak menyarankan itu.
  • 3.3V. Suplai 3,3 volt yang dihasilkan oleh regulator on-board. Daya tarik arus maksimum adalah 1500 mA. Regulator ini juga menyediakan daya untuk mikrokontroler Curie.
  • GND. Pin ground.
  • IOREF. Pin ini pada papan Arduino menyediakan referensi tegangan yang dioperasikan oleh mikrokontroler. Perisai yang dikonfigurasi dengan benar dapat membaca tegangan pin IOREF dan memilih sumber daya yang sesuai atau mengaktifkan penerjemah tegangan pada output untuk bekerja dengan 5V atau 3.3V.
Input and Output
Masing-masing dari 20 pin I / O tujuan umum pada 101 dapat digunakan untuk input digital atau output digital menggunakan fungsi pinMode () , digitalWrite () , dan digitalRead () . Pin yang dapat digunakan untuk output PWM adalah: 3, 5, 6, 9 menggunakan fungsi analogWrite () . Semua pin beroperasi pada 3,3 volt dan dapat digunakan sebagai sumber interupsi. Lihat fungsi attachInterrupt () untuk detailnya. Setiap pin dapat mengambil sumber atau menenggelamkan maksimum 20 mA.

Selain itu, beberapa pin memiliki fungsi khusus:
  • Serial: 0 (RX) dan 1 (TX). Digunakan untuk menerima (RX) dan mengirimkan (TX) data serial TTL. Pin ini terhubung ke kelas Serial1.
  • Interupsi Eksternal pada semua pin. Dapat memicu interupsi pada nilai rendah, nilai tinggi, tepi naik atau turun, atau perubahan nilai (perubahan hanya didukung oleh pin 2, 5, 7, 8, 10, 11, 12, 13). Lihat fungsi attachInterrupt () untuk detailnya.
  • SPI: SS, MOSI, MISO, SCK. Terletak di header SPI mendukung komunikasi SPI menggunakan pustaka SPI .
  • LED: 13. Ada built-in LED yang digerakkan oleh pin digital 13. Ketika pin bernilai HIGH, LED menyala, saat pin RENDAH, padam.
  • Input Analog. Enam dari 20 pin I / O tujuan umum pada 101 memberikan input analog.Ini diberi label A0 hingga A5, dan masing-masing menyediakan 10 bit resolusi (yaitu 1024 nilai yang berbeda). Mereka mengukur dari tanah hingga 3,3 volt
  • TWI: pin SDA dan pin SCL. Mendukung komunikasi TWI menggunakan wire library.

0 Response to "Arduino/Genuino 101 - Mengenal Arduino/Genuino 101"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel