iklan header

Memahami Flowchart

Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Jadi flowchart merupakan cara cepat untuk menyelesaikan sebuah masalah atau cara penyajian suatu algoritma.

Seorang programer harus mengerti dengan flowchart karena langkah awal sebelum membuat kode program kita harus tau flowchartnya terlebih dahulu agar dalam pembuatan kode program lebih mudah.

Baca Juga : Mengenal tentang pengkondisian

Flowchart itu sangat penting bagi seorang programer. Dengan adanya flowchart seorang programer dapat membuat kode program dengan baik dan struktur. Flowchart dapat digunakan untuk menganalisa sebuah permasalahan jika terjadi error sehingga mempermudah seorang programer. Flowchart juga memberikan arah kemana seorang programer menulis sebuah kode program sehingga output yang diberikan nanti sesuai dengan keinginan.

Kali ini kita akan mengenal sebuah flowchart dasarnya saja yang sering digunakan banyak orang. Misalnya buat kalian yang belajar arduino pastinya kalian akan menemukan sebuah permasalahan. Jika kalian menemukan masalah langsung saja membuat sebuah flowchart untuk menganalisa masalah.

Pengalaman saya sendiri dengan adanya flowchart sangat membantu saya dalam hal membuat alat inovasi dan mempermudahkan saya dalam membuat kode program yang sesuai keinginan saya sendiri. Nah kan begitu pentingnya flowchart bagi kita seorang programer.

Memahami Flowchart

Tanda-tanda Flowchart

Tanda
Nama
fungsi

Simbol titik terminal (terminal point symbol)
Untuk menunjukan awal dan akhir suatu proses.

Simbol persiapan (preparation symbol)
Untuk memberi nilai wal satu besaran atau penginisialan

Simbol input /output
Untuk mewakili data input /output

Simbol proses
Untuk mewakili suatu proses

Simbol keputusan (decision symbol)
Untuk penyeleksian kondisi dalam program

Simbol penghubung (connector symbol)
Untuk menunjukan sambungan bagan alir yang terputus di halaman yang masih sama atau di halaman lainnya
Simbol garis alir (flow line symbol)
untuk menunjukkan arus dari proses

  Example
Buat flowhart tentang persegi
Contoh Flowchart

Semoga artikel ini bisa bermanfaart bagi kalian dan jangan lupa share agar bisa bermanfaat bagi orang banyak. Jika masih bingung silahkan comment dibawah↓↓↓↓

0 Response to "Memahami Flowchart"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel