iklan header

Install Arduino IDE di windows

Kalian pecinta dunia robotik atau yang lain. Pernahkah kalian mendengar istilah arduino? Arduino adalah microcontroller atau sebuah sistem yang fungsional dalam sebuah chip. Sedangkan software arduino adalah sebuah platform ynag digunakan untuk mengunggah atau mengupload sebuah program ke papan arduino.

Software arduino termasuk IDE (Integreded Development Enviroenment) atau lingkungan pengembang. Disebut sebagai lingkungan pengembang karena software inilah yang digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi yang dibenamkan melalui syntax.

Baca Juga : Mengenal microcontroller arduino

Software arduino IDE dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java sedangkan untuk bahasa arduinonya menggunakan bahasa pemrograman C/C++. Arduino IDE juga dilengkapi library C/C++ yang disebut wiring, ini digunakan untuk mempermudah proses input atau output.

Dengan adanya sebuah library kita tidak perlu lagi untuk mengetikan sebuah kode program yang cukup panjang dan kita lebih mudah untuk arduino walaupun kita cuma tahu dasarnya saja. Syntax dalam library arduino bisa sampai ratusan bahkan ada yang ribuan.

Jika kalian ingin terjun ke dunia teknologi dan ingin belajar arduino kalian harus menginstall Software arduino IDE. Penginstalannya cukup mudah, kalian tinggal mengikuti cara yang telah admin berikan kepada kalian.

Install Arduino IDE di Windows
  • Jika kalian belum punya Software-nya bisa download disini.
  • Setelah di install,Extract file setelah itu install.
  • License Agreement atau persetujuan lisensi. Klik tombol I agree untuk memulai install.
Install software arduino IDE
  • Untuk Installation options, Klik semua options dan Klik tombol Next.
Langkah-langkah Install software arduino IDE
  • Klik install.
step by step Install software arduino IDE
  • Proses instalasi di mulai,Program di extract ke windows.
proses install software arduino IDE
  • Pada saat proses instalasi sedang berlangsung akan muncul pilihan untuk install driver,pilih tombol install, proses ini untuk mengenali dan melakukan komunikasi dengan board arduino melalui Port USB.
install driver usb software arduino IDE
  • Proses instalasi selesai.
  • Cek pada dekstop,Double klik icon arduino atau klik di Start Menu.
  • Jendela Software IDE arduino. 
Tampilan software IDE arduino

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa share agar bermanfaat bagi orang banyak. Jika kalian masih bingung,Silahkan comment di bawah↓↓↓

0 Response to "Install Arduino IDE di windows"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel