iklan header

Cara Menambah Video Background di Wordpress

Background artinya latar belakang. Kalau dalam sebuah pelajaran desain yaitu layer yang paling belakang sendiri. Komponen desain ini sangat penting. Background terutama digunakan untuk memberikan dekorasi visual terhadap sebuah elemen, yang akan mengakibatkan peningkatan kemudahan nalar atau pengertian akan sebuah konten.

Background memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keseluruhan desain dari sebuah website. Dengan adanya background yang menarik maka pelanggan atau viewers kita akan berlama-lama di website kita.

Baca Juga : Membuat halaman static di wordpress

Background juga memberikan nilai positif bukan hanya untuk mempercantik website tetapi juga memberikan daya tarik dan memberikan  pembeda antara website kita dengan website orang lain. Jika website tidak ada backgroundnya maka penampilan dari website tersebut kurang menarik untuk di lihat dan akan terasa bagaikan rumah tak di cat.

Pada WordPress untuk memberikan sebuah background agar menarik harus menginstall sebuah plugin. Plugin adalah sebuah software bawaan WordPress yang digunakan untuk mempercantik atau menambahkan sebuah komponen misalnya saja komponen background  video.

Sama saja jika kita ingin menambahkan background gambar atau warna kita juga butuh namanya sebuah plugin. Misalkan pingin menambahkan share icon pada akhir postingan agar orang lain mudah untuk membagikannya maka kita juga butuh plugin. Tetapi plugin hanya bisa di gunakan di WordPress dan tidak bisa di platform lain seperti Blogger.

Baca Juga : Memindahkan wordpress dari online ke offline xampp

Ada macam-macam background, ada background biasa dan ada background video. Kelebihan background video yaitu penampilannya yang indah karena dapat bergerak sehingga membuat website seolah-olah seperti hidup. Tetapi background video berat untuk loading sebuah website.

Admin saranin kalau ingin membuat background website kalian dengan video jangan menggunakan video yang durasi nya sangat panjang karena untuk loading websitenya akan terasa berat. Carilah video di youtube dengan durasi yang sedikit atau kalian bisa upload sendiri video di youtube. Langsung aja kita ke materi ya :v

Siapkan bahanya dulu
  • plugin mb.YTPlayer. download disini.
  • camilan atau kopi agar bisa nyantai ngerjainnya :) 
Video background dengan plugin mb.YTPlayer di wordpress
  • Install plugin di wordpress anda. Klik menu plugin → tambah baru → ketikan di search mb.YTPlayer → install.
Video background dengan plugin mb.YTPlayer di wordpress
  • Jika kalian download pluginnya di blog saya maka extract file yang kalian download tadi → copy file tersebut ke  file wordpress kalian → wp-content → plugins.
  • Masuk ke dashbor kalian → klik menu plugin → aktifkan mb.YTPlayer.
Merubah background wordpress dengan video
  • klik "Setting".
Background video di wordpress
  • Masukan url youtube yang mau dibuat background video wordpress kalian → save.
Cara menambah background video pada wordpress

*NB:

1. Masukkan url video youtube yang akan kalian buat background video wordpress anda
2. Pilih apakah background kalian digunakan untuk satu halaman atau seluruh halaman.
  • ketikkan pada browser alamat url wordpress kalian.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian dan jangan lupa share agar bisa bermanfaat bagi orang banyak. Jika masih bingung silahkan comment ↓↓↓

0 Response to "Cara Menambah Video Background di Wordpress"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel