iklan header

Mengatasi Apache tidak bisa Running di XAMPP

Ketemu dengan admin lagi. Error lagi error lagi.Pusing lagi dan pusing lagi. Keluhan yang sering admin dengar. Pastinya seseorang malas ketika sudah error,padahal dengan adanya sebuah error kita bisa belajar banyak dan bisa mendapatkan pengalaman atau ilmu. Menuurt admin kalau tidak ada error bagaikan masakan tidak ada garamnya. Langsung aja kita bahas inti permasalahannya.

Apache tidak bisa Running di XAMPP
Penyebab Apache pada Xampp tidak bisa running.
Secara default apache akan aktif menggunakan port 80, sedangkan tool mysql menggunakan port 3306, untuk beberapa kasus, ada kalanya ketika tool-tool tersebut mencoba untuk diaktifkan, program tidak bisa running. Kemungkinan besar penyebabnya adalah adanya aplikasi yang lebih dulu berjalan menggunakan port 80 dan juga port 3306, sehingga port bentrok atau crash.

Baca JugaCara mengatasi api-ms-win-crt-runtime-|1-1-0.dll di XAMPP

Ini bisa terjadi ketika komputer kalian terinstall VM ware, atau aplikasi Skype sedang berjalan, Apache tidak bisa dijalankan karena adanya aplikasi lain yang lebih dahulu berjalan menggunakan port yang sama yang digunakan oleh Apache dan juga mysql.


Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Running di XAMPP
Untuk solusi yaitu dengan merubah settingan port Apache XAMPP  supaya bisa tetap berjalan. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  • Lakukan perubahan pada file conf
  • Buka file httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad. Lebih mudah di buka dengan Notepad ++.

apache xampp tidak bisa running di windows 7
  • Cari kata “Listen 80” dan ubahlah menjadi “Listen 8080

Mengubah listen 80 apache
  • Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:80” kemudian ubahlah menjadi “ServerNamelocalhost:8080

Mengubah ServerName localhost:80
  • Lalu “Simpan
  • Selanjutnya, buka file conf di C:\xampp\apache\conf\extra\.

Mengatasi Apache tidak bisa Running di XAMPP
  • Carilah kata “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4499”.

Mengubah Listen 443
  • Masih di file yang sama, dan carilah kata “virtualhost_default_:443” kemudian ubahlah menjadi “virtualhost_default_:4499

Mengubah virtualhost_default_:443
  • Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:443” dan ubahlah menjadi “ServerName localhost:4499
  • Sekarang jalankan XAMPP Control Panel, lalu klik Start pada Apache. Jika muncul peringatan di kotal detail bagian bawah “Apache started [port 80]”, maka bukalah browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/xamppJika berhasil maka web service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian dan jangan lupa share agar bisa membantu orang banyak. Jika kurang paham silahkan comment ↓↓↓

0 Response to "Mengatasi Apache tidak bisa Running di XAMPP"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel